My Trip

Senin, 22 Juni 2015

Cara Mengatur Daftar Pustaka Dengan EndNote

Mengatur Daftar Pustaka Dengan  EndNote
Sejak awal kuliah terkadang saya mengalami kesulitan saat memasukkan referensi pada pada saat menulis artikel ilmiah,baik itu makalah,Karya Tulis Ilmiah,Skripsi,Tesis ataupun Disertasi .Tentunya kita sebagai mahasiswa ataupun pembimbing sangat dianjurkan menuliskan secara lengkap bahan atau rujukan referensi yang yang kita gunakan. Hal yang paling sering dan perlu kita perhatikan pada pengaturan catatan akhir referensi yang diletakkan pada akhir kalimat dan sebagainya serta pengaturan daftar pustaka. Mungkin anda juga mengalami hal yang sama jika ia, maka mari kita sama-sama belajar menggunakan aplikasi tersebut.
EndNote adalah software yang khusus dikembangkan untuk menginput referensi yang kita pakai saat penulisan Makalah atau karya tulis ilmiah lainnya, bisa diartikan EndNote juga sebagai Bank referensi. Kelebihan EndNote ini Setelah diinput dengan benar maka dengan mudah kita bisa mengaplikasikannya ke dalam catatan akhir referensi dan pengaturan Daftar Pustaka secara otomatis dalam Microsoft office word, Jadi tidak rumit lagi menyusun nama secara berurutan abjad, tahun penerbit dan sebagainya cukup diinput di EndNote dan bisa diaplikasikan langsung dengan sendirinya secara otomatis berurutan sesuai abjad sebagaimana penulisan daftar pustaka yang sebenarnya.
Sebelum langsung mencoba ke Microsoft office word terlebih dahulu kita menginput referensi kita ke EndNote. Keunggulan lainnya tentunya EndNote ini mencapai ratusan jenis referensi yang bisa kita masukkan,mulai dari referensi Buku,Jurnal,Laporan,Catalog,Blog,buku elektronik,tesis dan lain sebagainya. Untuk kali ini saya berbagi pengalaman tentang cara memasukkan referensi berupa Buku ke dalam Software EndNote disini saya menggunakan EndNote versi X7.
Gambar : 1
Langkah 1 :
Membuka aplikasi EndNote yang telah diinstal sebelumnya  adapun gambarnya bisa dilihat pada gambar :1 : Langkah pertama untuk menginput referensi ke EndNote terlihat pada gambar 1 langkahnya cukup mengklik New Reference. Untuk hasilnya bisa dilihat pada gambar ke: 2
Gambar : 2
Langkah ke 2:
Pada gambar:2, terlihat tampilan untuk menginput referensi yang kita gunakan pada Makalah atau artikel ilmiah kita. Sebelum menginput terlebih dahulu pilih Jenis/tipe Referensi yang kita ingin masukkan , pertemuan kali ini kita coba menginput tipe referensi BUKU, jadi cukup mengklik Reference Type lalu pilih Book selengkapnya bisa dilihat di gambar:2.
Gambar : 3
Langkah ke 3
Untuk gambar 3 tinggal diisi sesuai dengan referensi BUKU yang kita miliki
Dibawah Author diisi = Nama pengarang/pembuat Buku contoh (Sukri Palutturi)
Year =diisi tahun terbit buku tersebut contoh (2014)
Title= diisi Judul buku tersebut Contoh (Public Health Leadership)
Place Published=diisi tempat/Kota / daerah dimana buku itu terbit contoh (Yogyakarta)
Publisher= Nama penerbit bukuu ex: Erlangga,EGC dan lain-lain. Contoh (Pustaka Pelajar)
Langkah ke 4
Setelah Judul,tahun , nama pengarang Buku semua selesai diinput , untuk melihat hasilnya bisa diklik  bagian sudut atas pada close tanda (kali kecil) selengkapnya lihat pada gambar 4. Dan Gambar 5 nampak hasil setelah Buku diinput ke EndNote dengan tersusun sesui dengan Daftar Pustaka.

Gambar : 4

Gambar : 5
Sekian untuk Input Reference berupa Buku ke Software EndNote, Langkah selanjutnya mengaplikasikan EndNote dalam penulisan catatan akhir (catatan kaki) dan daftar pustaka secara otomatis dalam  makalah atau artikel ilmiah lainnya di Microsoft office word. Adapun langkahnya sebagai berikut :
Gambar : 6

Langkah ke 5
Pada Gambar 6 , Nampak di office word dengan penulisan Latar Belakang, namun belum ada Catatan Akhir referensinya / sumbernya siapa dan tahun berapa?.. pada Gambar 6 juga terdapat Daftar Pustaka semuanya belum ada… Untuk memasukkan Catatan akhir secara otomastis tersusun dengan cara sebagai berikut
Langkah ke 6
Masuk kembali ke Software EndNote yang telah diinput sebelumnya kemudian Klik Insert Citation Seperti gambar dibawah ini .
Gambar : 7
Langkah ke 7
Setelah melalui langkah ke 6 maka muncullah tampilan secara otomatis di office word/ makalah anda catatan akhir referensi secara otomatis beserta Daftar Pustaka secara otomatis pulas sesui Nama pada akhir catatan Referensi tersebut.Adapun hasilnya bisa dilihat pada gambar 8. 
Gambar : 8


Pada intinya tidak perlu lagi diatur ulang nama pengarangnya,tahunnya akan terususn sendiri secara otomatis sesuai dengan abjad.
 Demikian sempat saya informasikan SEMOGA BERMANFAAT.

Muhammad Qasim
»»  ReadMore...