RANCANGAN PEMBELAJARAN KOMUNIKASI KEPERAWATAN 2
Tim
Dosen :
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
Sitti Nurbaya, S.Kep.,Ns.,M.Kes
Aturan saat prose belajar mengajar
Pakaian rapi + Sopan + sepatu
Tidak menerima telfon/SMS/WA/FB/
DLL dalam kelas saat
proses
perkuliahan berlangsung
Keterlambatan 5 Menit
Metode Pembelajaran
•Ceramah
Tanya Jawab
•Diskusi kelompok
•Bermain peran
•Gallery
Walk
•Role
play
•Snowbal
•Simulasi
•Jigzaw
Penilaian
•Penugasan/Quiz : 10 %
•Mid
Semester : 30 %
•Final Test :
30 %
•Labb
Skill : 20 %
•Soft
skill : 10 %
Total : 100 %
Sumber Rujukan:
•Mundakir.2016.Buku
Ajar Komunikasi Pelayanan Kesehatan.Yogyakarta: Indomedia Pustaka
•Munarwi
Arita.Istichomah.2013.Komunukasi Trapeutik Panduan Bagi Perawat. Yogyakarta: Fitramaya Penerbit.
•Lalongkoe.M.R.2013.
Komunuikasi Keperawatan Metode berbicara Asuhan Keperawatan.
Yogyakarta: Graha Ilmu
•Prabowo Tri.Widuri
Hesti.2014.Komunikasi Dalam Keperawatan.
Yogyakarta: Fitramaya Penerbit.
No./
Pert.
|
Hari/Tanggal
Jam
|
Topik Bahasan
|
Bacaan/
Bahan Kajian
|
Strategi Pembelajaran
|
Dosen
|
I
|
Mampu menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi terapeutik dan helping relationship dalam konteks hubungan terapeutik
perawat klien
|
1.
Pengertian
komunikasi trapeutik
2.
Dasar-dasar
komunikasi trapeutik
3.
Tujuan
komunikasi trapeutik
4. Helping
relationship
5.
Komponen
komunikasi trapeutik
6.
SIkap
komunikasi trapeutik
7.
Teknik komunikasi trapeutik |
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
|
||
II
|
Mampu menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi terapeutik dan helping relationship dalam konteks hubungan terapeutik
perawat klien
|
1.
Fase
komunikasi trapeutik
2.
Hambatan
komunikasi trapeutik
3.
Faktor-faktor
komunikasi trapeutik
4.
Dimensi komunikasi trapeutik
|
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
|
||
III
|
Mampu Menelaskan dan menganalisis kharakteristik perawat yang
memfasilitasi hubungan terapeutik
|
kharakteristik perawat yang
memfasilitasi hubungan terapeutik
·
Kejujuran
·
Tidak membingungkan
dan cukup ekspresif
·
Empati
bukan simpati
·
Mampu
melihat permasalahan dari kacamata klien
·
.Sensitif
terhadap perasaan klien
·
Tidak
Mudah terpengaruh
|
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
|
||
IV
|
Mampu melakukan analisa diri
untuk menumbuhkan self awareness dalam hubungan interpersonal
|
Self
Awareness (kesadaran intrapersonal dalam hubungan interpersonal:
1. Menjelaskan Kesadaran diri
2. Menjelaskan Explorasi Perasaan
3. Menjelaska Kemampuan menjadi model
4. Menjelaskan Panggilan jiwa
5. Menjelaskan Etika dan tanggung jawab
|
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
|
||
V
|
Melakukan simulasi penggunaan diri secara
efektif dalam komunikasi terapeutik
|
Melakukan
simulasi dengan komunikasi trapeutik dengan:
1. Menghadirkan diri secara terapeutik
2. Dimensi respon
3. Dimensi tindakan
|
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
|
||
VI
|
Menganalisis hambatan
dalam komunikasi terapeutik dan mengaplikasikannya secara tepat ketika
berhubungan dengan klien.
|
menganalisis hambatan komunikasi trapeutik(resistensi, transference, kontransferens, boundary
violations) saat berkomunikasi
dengan klien
|
Muhammad
Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
|
||
VII
|
Memperaktekkan
teknik-teknik komunikasi terapeutik dan mengaplikasikannya secara tepat
sesuai dengan situasi dan kondisi klien.
|
Memperaktekkan
Tehnik – tehnik komunikasi terapeutik sesuai kondisi klien
|
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
|
||
VIII
|
UTS
|
Soal pilihan ganda
|
Pengawas Ujian
|
||
IX
|
Mempraktekkan komunikasi terapeutik pada kondisi khusus
dan berbagai rentang usia
|
Mempraktekkan Komunikasi
Trapeutik pada Bayi
|
Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
|
||
X
|
Melakukan simulasi komunikasi
terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
|
Mempraktekkan
Komunikasi trapeutik pada anak:
·
Pra
sekolah
·
Masa
sekolah
·
Remaja
|
Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
|
||
XI
|
Melakukan simulasi
komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
|
Mempraktekkan
Komunikasi trapeutik pada orang Dewasa
|
Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
|
||
XII
|
Mempraktekkan
komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
|
Mempraktekkan
Komunikasi trapeutik pada Lanjut usia
|
Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
|
||
XIII
|
Mempraktekkkan
komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
|
Mempraktekkan
Komunikasi trapeutik pada pasien di ruang perawatan
|
Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
|
||
XIV
|
Melakukan simulasi komunikasi
terapeutik pada kondisi dan ruangan khusus dalam berbagai tingkatan usia
|
Mensimulasikan Komunikasi
trapeutik pada pasien di ruang IGD dan ICU
|
Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
|
||
XV
|
Melakukan simulasi komunikasi terapeutik padaberbagai
kondisi
|
Mensimulasikan Komunikasi
terapeutik mengatasi
·
klien
yang marah – marah
·
Klien
yang komplain
·
Klien
yang rewel
|
Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
|
||
XVI
|
UAS
|
Soal Multiple Choice
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar