My Trip

Rabu, 01 Juni 2011

GORESAN AWAL KISAH PERJALANANKU


-->Akhirnya masa itu datang juga, masa dimana aku harus mengakhiri diri ini untuk aktif di Organisasi internal kampusku Stikes NH_M (nama kerenx untuk mahasiswax) yaitu BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) yang kugeluti sekarang ini ----- tentunya sungguh tidak bisa kuterima kenyataan pahit itu, dimana Organisasi (BEM) ini telah membesarkanku dan disitu pula saya bisa melatih diri saya retorika di depan orang banyak dan masih banyak lagi yang tak sempat kutorehkan dan kuutarakan dalam goresanku saat ini , sungguh hal ini membuat saya sedih bercampur bangga, saya masih ingat saat awal dikader oleh kakak seniorku, dulu jika saya ingin bertanya saat dalam diskusi hal itulah yang membuat saya bagaimana dich(sulit kulukiskan dengan kata-kata) pokoknya buat gemetaran deh,hehe,,, bahkan jika mau mulai bertanya ,apa yang ingin disampaikan dan semua bentuk pertanyaan harus dalam bentuk tulisan baru bisa kutarakan semua yang menjadi tanda tanya dalam hati ini. Ya berkat bimbingan dari kaka senior dan tentunya melakukan latihan juga ,akhirnya semuanya bisa saya lewati bahkan sampai saat ini Alhamdulillah jika tampil di depan orang banyak itu terasa biasa-biasami,ngga pake mih acara gerogian-gerogian segala,,hehe.. terima kasih kak atas bimbingannya selama ini.
Selama aku berada di Organisasiq tentunya permintaan maaf untuk kedua orang tua ku.. ibu, ayah maafkan saya jika dulu ibu pernah memanggil dan menyuruhku agar segera pulang ke Kampung halaman, namun terkadang saya tak sempat kembali ke kampung saat itu juga,, berusaha menolak dengan alasan ada kegiatan organisasi , ibu dan bapak selama ini saya selalu saja sakit,, ya mungkin salah satunya terkadang saya cape dengan aktifitasku sekrang ini dan sebagainya tapi saya ikhlaskan semua hal ini karena ini memang sudah menjadi beban dan tanggung jawabku sebagai seorang mahasiswa yang bergelut dalam dunia organisasi . Insya Allah saya akan tetap ikuti kata orang tua saya yang amaat aku sayangi bahwa tahun ini saya sudah siap untuk jadi mahasiswa tulen,yah,, Organisasi itu harus kutinggalkan dan dimana harapan kedua orang tua (ayah dan ibu) disini yaitu hanya menyekolahkan aku hingga sukses dan mencapai gelar S,kep NS serta bisa membuat mereka bangga akan prestasi yang kumiliki sekarang dan yang akan datang. Aamiin,,,,!!!!
Tepat setahun yang lalu saat aku dinyatakan lulus dan menjadi mahasiswa di STIKES NANI HASANUDDIN MAKASSAR dan sejak akhir tahun 2008, Alhamdulillah Saya sudah mulai bergabung dan menjadi anggota di Organisasi tersebut, organisasi BEM yang telah membuatku hidup hingga saat ini, dan pada saat itu kami ada Rapat pertama atau biasa disebut rapat kerja, ya tujuannya untuk membentuk sebuah program-program kerja yang akan dilaksanakan kedepannya. Setelah rapat, kami semua melangkahkan kaki menuju tempat yang berbeda saat pembukaan rapat sebelumnya, kami mencari tempat yang lebih berbeda lagi untuk melaksanakan penutupan rapat yang telah kami jalankan tadi, ya lumayan jauh lah untuk menempuh tempat itu,salah satu cara yaitu kami semua jalan kaki dengan jarak ± 9 Km itung-itung olahraga sekalian menyatukan rasa kebersaman diantara kami semua, selama dalam perjalan sempat kubisikkan kata-kata dalam relung hatiku bahwa dalam Organisasi ini saya juga mempunyai perjalanan yang panjang sepanjang dan sejauh oerjalan untuk menempuh tempat kami berteduh dan bertukar pikiran. Pada awal perjalanan kami dan teman-teman ya kiranya kami masih semangat dan bahkan 1 Km tidak terasa kami telah lalui,namun beberapa saat kemudian setelah mencapai jarak 3 Km, aku dan teman-teman sudah berbeda ada yang terlalu cepat ke depan, ada yang di tengah dan ada pula yang di belakang sekali. Pada saat Km ke 4 , ada beberapa teman yang sudah berhenti dalam perjalan itu, ada yang ingin kembali ke tempat awal dengan mengatakan “saya sudah tidak sanggup lagi dengan hal ini”. Dan ada juga teman yang sangat bersemngat untuk berjalan ketempat itu bahkan sangking semangatnya kami melewati sedikit tempat penutupan rapat tersebut. Hehehe,, kenangan yang indah juga bersama teman-teman saat menjadi anggota baru dalam organisasi tersebut.
Setelah kami sampai di tempat tersebut , ya saya katakan sungguh sangat indah tempat itu, dan disinilah saya dapat hikmah dari perjalan tadi Bahwa Organisasi itu membutuhkan perjalan yang panjang, dan dari perjalanan inilah dapat memberikan fakta bahwa ketika organisasi itu pada awalnya semuanya akan bersemangat, lama-kelamaan pasti juga akan ada yang tidak mampu untuk terus berjuang, dan dibalik itu akan ada juga yang semangat untuk berjuang demi kemajuaan organisasi. Saya teringat kata-kata kakak senior yang saya kagumi bahkan sampai sekarang ini, beliau mengatakan bahwa “ Organisasi itu mebutuhkan Kaki-kaki yang kuat untuk berjalan, tangan yang kuat untuk merangkul teman-teman dan tulang punggung yang kokoh untuk tetap betahan dengan ikhlas demi organisasi’’. Itu adalah sekilas kata-kata yang membuat saya tetap bersemngat untuk berorganisasi, tapi mungkin sampai disinilah perjalanku dalam dunia organisasi,dan biarlah kata-kata itu menjadi sebuah motifator untuk adik-adik yang akan melanjutkan perjuangan demi tercapainya sukses dan harapan sebuah organisasi. Makasih kak’, sekaligus sahabatku Atas Bimbingannya selama ini.
Itulah awal dari perjalananku, dulu aku sempat membisikkan kata “mungkin hal ini aku tak bisa menjalaninya, tapi mengapa demikian bisa,?? Sebuah pertanyaan yang masih tergambar dalam ingtanku,,, Ingatlah bahwa jika teman menjalani hal yang tak mungkin ,, sedikit pesan dari saya “ketahuilah bahwa semua cobaan hidup ini Jalani saja dengan Ikhlas pasti itu akan dapat.”,dan sekilas kalimat dalam bahasa arab sebagai bentuk pembangkit semangat untuk kita semua : “MAN JADDA WA JADA = SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH MAKA IA AKAN MENDAPATKANNYA”, dan “MAN SHABARA ZHAFIRA= SIAPA YANG BERSABAR AKAN BERUNTUNG
Tak lupa lagi buat penerus Organisasi khususnya Organisasi saya, janganlah berfikir bahwa Organisasi yang menghidupkan anda,tapi jauh lebih baik lagi jika kalian berfikir bahwa saya akan menghidupkan Organisasi ini. Semangat untuk adik-adik generasi penerus organisasi tersebut, buat lebih hidup lagi kehidupan organisasi ini, jangan biarkan dia terpuruk karena tingkah laku kita yang tak memberikan apa-apa untuk organisasi ini. Jangan biarkan oragnisasi kita jatuh ditangan para aktifis yang tidak bertanggung jawab, dan pililah pemimpin yang baik agar kehidupan organisasi kedepannya bisa lebih baik lagi. Ok

Wassalam
Muhammad Qasim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar