My Trip

Senin, 30 Oktober 2017

Mangrove Centre Lantebung Makassar



Mangrove Centre Makassar letaknya di kampung Lantebung kedengarannya sih bagi saya masih baru. Lantebung yaitu berada kelurahan Bira, kecamatan Tamalanrea kota Makassar kini mulai menjadi objek wisata yang banyak dilrik khususnya yang suka berselvy atau mengambil gambar alami-alami gitu. Kampung Lantebung kini jadi ekowisata study mangrove karena Pemerintah kota Makassar bertekad menjadikan daerah Lantebung Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea, sebagai kawasan ekominawisata dengan menanam puluhan ribu batang pohon mangrove. "Mangrove punya banyak fungsi, selain fungsi utamanya sebagai mitigasi bencana di daerah pesisir juga bisa dijadikan kawasan ekowisata," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, (Antara News.com)

Untuk menuju tempat tersebut anda bisa melalui jalan beton yang ada di depan gerbang BTP jalan perintis kemerdekaan. 

 

Jalan beton depan gerbang BTP

 

 Anda cukup lurus saja mengikuti jalanan poros depan  gerbang BTP tadi sekitar kurang lebih 5 KM  hingga dapat pinggiran jalan tol. Kemudian  begitu melalui jalan pinggir tol lurus lagi hingga anda akan dapat trowongan pertama silahkan belok kanan masuk ke trowongan tersebut kemudian selanjutnya belok kanan lagi pas lepas dari trowongan tersebut. Kemudian anda melalui jalan piggiran tol lagi hehe maklum area tersebut memang dilalui oleh jalan tol jadi kami bisa melalui pinggirannya. Lebih lanjut setelah melawati trowongan tadi anda cukup lurus melewati pertamina terus lagi kira-kira kurang lebih 2 KM perhatikan sbelah kiri anda akan menjumpai Spanduk warna putih yang ukurannya besar bertuliskan “MANGROVE CENTRE MAKASSAR LANTEBUNG” silahkan mengikuti arah yang tertera di Spanduk tersebut.

 

 

Kemudian anda masuk ke jalanan menuju lokasi anda akan menjumpaibeberapa perumahan warga selain itu terdapat perusahaan pabrik, empang dan sawah. Sekitar kurang lebih 2 KM lurus kemudian pas ujung jalan  beton (mentok) dari spanduk besar tadi  anda akan menjumpai papan pemandu lokasi yang bertuliskan “ANDA MEMASUKI KAWASAN EKOWISATA MANGROVE LANTEBUNG”

 

 

Silahkan ikuti arah panah pemandu jalanan tersebut  sekitar 50 meter anda mendapatkan lokasi parker, kemudian parkir kendaraan anda yang telah disediakan. Kemudian anda berjalan kaki sekitar 10 meter dari parkiran anda sudah memasuki kawasan ekowisata Mangrove seperti ganbar dibawah ini.

  



Untuk menuju hutan bakau (hutan mangrove) cukup anda berjalan kaki melewati jembatan kecil yang terbuat dari kayu dengan warna-warni yang cantik itu serta diapit oleh keindahan pohon bakau samping kiri dan kanan sambil melihat perahu nelayan yang bolak balik sehingga menambah cita rasa wisata tersebut.  Selamat berkunjung mudah-mudahan wisata dan ilmunya dapat semoga bermanfaat.

 



Mangrove Centre Makassar

Mangrove Centre Makassar









 

 

  Makassar, Minggu 29 Oktober 2017

Muhammad Qasim

3 komentar: