My Trip

Selasa, 06 Maret 2018

RANCANGAN PEMBELAJARAN KOMUNIKASI KEPERAWATAN 2



Komunikasi Keperawatan 2 terdiri : 3 SKS
Tim Dosen :
Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
Sitti Nurbaya, S.Kep.,Ns.,M.Kes

Aturan saat prose belajar mengajar
Pakaian rapi + Sopan + sepatu
Tidak menerima telfon/SMS/WA/FB/
DLL dalam kelas saat proses
perkuliahan berlangsung
Keterlambatan 5 Menit

Metode Pembelajaran
Ceramah Tanya Jawab
Diskusi kelompok
Bermain peran
Gallery Walk
Role play
Snowbal
Simulasi
Jigzaw
Penilaian
Penugasan/Quiz  : 10 %
Mid Semester      : 30 %
Final  Test             : 30 %
Labb Skill              : 20 %
Soft skill                : 10 %
                   Total            : 100 %

Sumber Rujukan:
Mundakir.2016.Buku Ajar Komunikasi Pelayanan Kesehatan.Yogyakarta: Indomedia Pustaka
Munarwi Arita.Istichomah.2013.Komunukasi Trapeutik Panduan Bagi Perawat. Yogyakarta: Fitramaya Penerbit.
Lalongkoe.M.R.2013. Komunuikasi Keperawatan Metode berbicara Asuhan Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Prabowo Tri.Widuri Hesti.2014.Komunikasi Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Fitramaya Penerbit.

No./
Pert.
Hari/Tanggal
Jam
Topik Bahasan
Bacaan/
Bahan Kajian
Strategi Pembelajaran
Dosen
I

Mampu menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi terapeutik dan helping relationship dalam konteks hubungan terapeutik perawat klien
1.    Pengertian komunikasi trapeutik
2.    Dasar-dasar komunikasi trapeutik
3.    Tujuan komunikasi trapeutik
4.    Helping relationship
5.    Komponen komunikasi trapeutik
6.    SIkap komunikasi trapeutik
7.   
Teknik komunikasi trapeutik

Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
II

Mampu menjelaskan dan menganalisis konsep komunikasi terapeutik dan helping relationship dalam konteks hubungan terapeutik perawat klien


1.      Fase komunikasi trapeutik
2.      Hambatan komunikasi trapeutik
3.      Faktor-faktor komunikasi trapeutik
4.      Dimensi komunikasi trapeutik

Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
III

Mampu Menelaskan dan menganalisis kharakteristik perawat yang memfasilitasi hubungan terapeutik

kharakteristik perawat yang memfasilitasi hubungan terapeutik
·         Kejujuran
·         Tidak membingungkan dan cukup ekspresif
·         Empati bukan simpati
·         Mampu melihat permasalahan dari kacamata klien
·         .Sensitif terhadap perasaan klien
·         Tidak Mudah terpengaruh


Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
IV

Mampu melakukan analisa diri untuk menumbuhkan self awareness dalam hubungan interpersonal


Self Awareness (kesadaran intrapersonal dalam hubungan interpersonal:
1.    Menjelaskan Kesadaran diri
2.    Menjelaskan Explorasi Perasaan
3.    Menjelaska Kemampuan menjadi model
4.    Menjelaskan Panggilan jiwa
5.    Menjelaskan Etika dan tanggung jawab

Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes


V

Melakukan simulasi penggunaan diri secara efektif dalam komunikasi terapeutik
Melakukan simulasi dengan komunikasi trapeutik dengan:
1.    Menghadirkan diri secara terapeutik
2.    Dimensi respon
3.    Dimensi tindakan

Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
VI

Menganalisis hambatan dalam komunikasi terapeutik dan mengaplikasikannya secara tepat ketika berhubungan dengan klien.
menganalisis  hambatan komunikasi trapeutik(resistensi, transference, kontransferens, boundary violations) saat berkomunikasi dengan klien

Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes
VII

Memperaktekkan teknik-teknik komunikasi terapeutik dan mengaplikasikannya secara tepat sesuai dengan situasi dan kondisi klien.
Memperaktekkan Tehnik – tehnik komunikasi terapeutik sesuai kondisi klien

Muhammad Qasim,S.Kep.,Ns.,M.Kes







VIII

UTS

Soal pilihan ganda
Pengawas Ujian
IX

Mempraktekkan  komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
Mempraktekkan Komunikasi Trapeutik pada Bayi

Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
X

Melakukan simulasi komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
Mempraktekkan Komunikasi trapeutik pada anak:
·         Pra sekolah
·         Masa sekolah
·         Remaja

Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
XI

Melakukan simulasi komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
Mempraktekkan Komunikasi trapeutik pada orang  Dewasa

Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
XII

Mempraktekkan komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
Mempraktekkan Komunikasi trapeutik pada Lanjut usia


Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
XIII

Mempraktekkkan komunikasi terapeutik pada kondisi khusus dan berbagai rentang usia
Mempraktekkan Komunikasi trapeutik pada pasien di ruang perawatan

Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes



XIV

Melakukan simulasi komunikasi terapeutik pada kondisi dan ruangan khusus dalam berbagai tingkatan usia
Mensimulasikan Komunikasi trapeutik pada pasien di ruang IGD dan ICU

Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
XV

Melakukan simulasi komunikasi terapeutik padaberbagai kondisi
Mensimulasikan Komunikasi terapeutik mengatasi
·     klien yang marah – marah
·     Klien yang komplain
·     Klien yang rewel

Ns. Sitti Nurbaya,S.Kep.,M.Kes
XVI

UAS

Soal Multiple Choice

Tidak ada komentar:

Posting Komentar